Pages

Rabu, 06 Juli 2011

Cara Menonaktifkan User Account Control (UAC) di Windows 7

Belajar dari pengalaman Vista, agaknya Microsoft telah mengatur ulang User Account Control (UAC) di Windows 7 agar lebih mudah diatur dan tidak terlalu mengganggu seperti layaknya di Vista. UAC seringkali dianggap sebagai pengganggu ketika pengguna ingin menginstal program namun tidak ‘direstui’ oleh Windows karena dianggap berbahaya, atau paling tidak terlalu banyak peringatan yang muncul ketika pengguna hanya ingin mengakses tipe file tertentu. Belum lagi terbukti beberapa program baru yang pada awalnya memunculkan pesan error langsung berjalan mulus cukup dengan menonaktifkan UAC. Apa dan bagaimana UAC bekerja bisa Agan temukan di situs pengembangnya sendiri, Microsoft.
Pengguna Windows 7 lebih mudah mengatur UAC dengan lebih banyak cara.  Dalam Windows 7, UAC dapat diatur dengan menggeser side bar level pengamanan (baca= peringatan) terhadap akses yang tidak diinginkan. Nah, bagaimana cara mendisable UAC atau paling tidak bagaimana cara menonaktifkan pop up peringatan agar tidak terlalu sering muncul? Sebenarnya caranya mirip sekali dengan menonaktifkan UAC di Vista. Hanya ada sedikit tambahan akses baru. Berikut penjelasan detailnya:
Cara 1: Lewat Control Panel
  1. Masuk ke  Control Panel. Di Windows 7, ada beberapa macam cara untuk mengakses User Account Control (UAC) sebagai berikut:
    a. Start Menu -> Control Panel -> User Accounts and Family Safety -> User Account.
    b. Start Menu -> Control Panel -> System and Security -> Action Center.
    c. Klik atau klik kanan ikon Bendera di notification area (system tray), kemudian pilih Open .
    d. Ketik “MsConfig” (tanpa tanda petik) dalam Start Search untuk menjalankan System Configuration, kemudian pilih tab Tools, pilih Change UAC Settings, kemudian klik tombol Launch.